--> Skip to main content

Virus berbahaya menyerang manusia , Jaga kesehatan Laptop/Handphone anda

Virus Corona (Covid-19) merupakan virus berbahaya yang menggemparkan dunia karena tingkat penyebarannya yang begitu cepat dan mengkhawatirkan seluruh dunia. bahkan banyak negara mengalami krisis ekonomi akibat virus ini. virus ini menyebar dengan cara hewan ke manusia, manusia ke manusia. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang terkena virus ini. Pergerakan ekonomi Indonesia mengalami penurunan nilai rupiah hingga menyentuh angka 16.700 rupiah per dolar. Ini pertama kalinya negara Indonesia mengalami inflasi separah ini. Sangking berbahayanya virus ini banyak negara yang melakukan lockdown (penutupan suatu wilayah) agar virus tidak semakin menyebar.

Mengingat virus ini sungguh mengobrak-ngabrik perekonomian dunia. Kita jadi teringat salah satu virus berbahaya yang sempat menggemparkan dunia yaitu Virus Ransomware WannaCry pada tahun 2017. Serangan Ransomware WannaCry adalah serangan cyber di seluruh dunia pada bulan Mei 2017 oleh the WannaCry ransomware cryptoworm, yang menargetkan komputer yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows dengan mengenkripsi data dan menuntut pembayaran uang tebusan dalam cryptocurrency Bitcoin. Serangan itu diperkirakan telah mempengaruhi lebih dari 200.000 komputer di 150 negara, dengan total kerusakan mulai dari ratusan juta hingga miliaran dolar. Varian baru WannaCry memaksa Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) untuk sementara waktu menutup beberapa pabrik pembuat chip pada Agustus 2018. Virus ini menyebar ke 10.000 mesin di fasilitas paling canggih TSMC.
source https://magazinemi.com/

Bagaimana cara mencegah Virus Ransomware WannaCry ?

1. Pastikan PC terinstall anti virus dan anti malware paling baru
2. Update Sistem operasi terbaru
3. Backup data secara offline
4. Jangan mengklik link/tautan dari sumber yang terlihat mencurigakan

Jika sudah PC/Laptop anda terkena Virus ini. Berikut langkah-langkah penanganan virus ransomware WannaCry 

1. Masuk ke Safe Mode
2. Klik Safe Boot -> minimal, Klik Ok dan Restart
3. Setelah direstart masuk ke Control Panel -> Folder Options -> Show Hidden File (cek gambar) lalu klik Apply
4. Masuk ke msconfig -> Startup -> Disable Program yang mencurigakan atau tidak diketahui, klik ok dan Klik “Exit without Restart”
5. Hapus File Berbahaya (File Virusnya Semua)
6. Periksa folder berikutnya untuk menemukan file yang mencurigakan:
    %TEMP%
    %APPDATA%
    %ProgramData%
    (Jika ada folder / File Wanna Cry hapus langsung)
7. Cek host file, karena itu bisa corrupt sama si Virus
    Letak host:
    C:\windows\System32\drivers\etc
    nanti ada file host lalu buka pake notepad
    (Disitu jika ada situs yang ga diketahui, maka hapus langsung)
8. Sekarang masuk lagi ke msconfig terus disable Safe Mode klik ok lalu Restart
9. Setelah direstart, tidak ada “Decryption Tool” sekarang, tapi kamu dapat merestore file dari backup atau mengembalikan folder yang terpisah
10. Sekarang kamu bisa lihat versi lama dari file yang terenskripsi
    Hapus File bernama:
    Readme.txt.WCRY
    License.txt.WCRY
    History.txt.WCRY
    !Please Read Me!.txt
    !WannaDecryptor!.exe

Bagi anda yang memiliki company (pengusaha) yang banyak melakukan pekerjaan menggunakan komputer, cara-cara diatas akan bermaanfaat untuk mencegah dan mengatasi virus ransomware wannacry. Selain menjaga kesehatan tubuh jangan lupa jaga juga kesehatan komputermu ya. Stay Safe everyone !

Source
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar