--> Skip to main content

Cara belajar Bahasa Pemrograman C++ dengan Mudah dan Cepat

Mempelajari Bahasa Pemrograman C++ untuk programmer pemula


Apa perbedaan Bahasa C dan Bahasa C++ ?

1. Bahasa C
Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang dapat dikatakan berada di antara bahasa tingkat rendah dan tingkat tinggi. Pencipta bahasa C adalah Brian W. Kernighan dan Denis M. Ritchi, sekitar tahun 1972. Penulisan program dalam bahasa C dilakukan dengan membagi dalam blok-blok, sehingga bahasa C disebut dengan bahasa terstruktur. Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang case sensitive.

2. Bahasa C++
Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut disebut C dengan kelas ( C with class). Selama tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas pembebanlebihan operator dan fungsi yang kemudian melahirkan apa yang disebut C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C.

Apa saja Penerjemah Bahasa Pemrograman ?

1. Interpreter
Interpreter menerjemahkan instruksi selama program diminta untuk dieksekusi. Jika seseorang bermaksud menjalankan program tersebut agar dapat dijalankan oleh computer, mula-mula source ditermahkan dulu ke dalam bentuk kode mesin baris perbaris instruksi. Setelah satu baris instruksi tersebut dipahami oleh computer, instruksi tersebut dijalankan. Interpreter kemudian kembali memproses baris instruksi berikutnya.

2. Kompiler
    Kompiler menerjemahkan instruksi ke dalam kode objek secara keseluruhan. Setelah semua instruksi diterjemahkan, instruksi yang dimengerti oleh computer dijalankan. Proses penerjemahan seperti itu disebut kompilasi. Setelah kompilasi berakhir, compiler tidak diperlukan lagi, sebab sesudah kompilasi akan terbentuk program yang dapat dijalankan secara langsung tanpa melalui translator (executable ).

Contoh Penulisan Bahasa C++
Contoh Penulisan Bahasa C++

Program yang dijalankan berada di dalam tubuh program yang dimulai dengan tanda kurung buka { dan diakhiri dengan tanda kurung tutup }. Semua yang tertulis di dalam tubuh program ini disebut dengan blok.

Struktur bahasa C++
Program C maupun C++ selalu tersusun dari 3 (empat) bagian utama, yaitu :
a. Bagian komentar yang ditandai dengan symbol // dan pasangan /* … */
b. File header
c. Pernyataan 

A. Bagian Komentar
Bagian Komentar
Program yang baik pada umumnya diberi komentar yang akan membantu orang lain maupun pembuat program itu untuk memahami program yang dibuat. Komentar tidak dijalankan sebagai kode program. Dalam C atau C++ setiap tulisan yang diapit oleh symbol /* … */ atau setiap baris yang dimulai dengan symbol // dianggap komentar.


B. File Header
File header adalah sebuah file yang digunakan untuk mendefinisikan beberapa file macro, fungsi, variabel dan konstan. File header nantinya akan mengandung beberapa fungsi atau perintah yang akan digunakan dalam program. File header ini sangat penting, karena beberapa perintah tidak akan dapat dijalankan jika file header yang mendukung perintah tersebut tidak ditulis dalam program. File header ini memiliki ciri bereksistensi “.h” dan diarahkan oleh preprocessor dirrective #include sebagai gambaran kepada kompilator bahwa beberapa fungsi yang terdapat dalam file header tersebut diikutkan dalam pembuatan program. 

Contoh jenis File Header
<iostream.h>
cin, cout, endl, ends
<stdio.h>
scanf, printf, gets
<conio.h>
getch, clrscr, dll
<math.h>
sqrt, pow, sin(), cos(), tan(), max, min
<string.h>
strcpy, strlen, strupr, strlwr, dll

<windows.h>
system
dll

C. Pernyataan
Perhatikan baris kode dibawah ini :
    cout<<“Hai. Selamat belajar C++”;
Baris tersebut merupakan sebuah pernyataan yang digunakan untuk menampilkan tulisan yang terletak pada sepasang tanda petik ganda ke layar. Tulisan yang terletak pada sepasang tanda petik ganda disebut string. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan tanda titik koma (;).

Input-Output
Bentuk Input-Output

Format yag dipakai pada scanf()
Format yag dipakai pada scanf()

Format yag dipakai pada printf()
Format yag dipakai pada printf()

Ada beberapa tambahan dalam penggunaan bilangan real misalnya :
penggunaan bilangan real
Selain itu perlu juga diperhatikan sebuah karakter escape yaitu karakter yang ditulis dengan awalan tanda  diikuti dengan karakter tertentu yang memiliki sebuah tingkah laku. Karakter-karakter tersebut seperti pada table di bawah ini

karakter escape

Contoh program
contoh program 1
contoh program 2
hasil pemrograman 1 atau 2

Nah gimana floagirls sudah paham belum tentang pemograman dasar C++ ? selamat mencoba .. kalau berhasil silahkan tinggalkan komen di bawah ya. Jangan lupa pelajari juga Apa yang dimaksud pemrograman perulangan (FOR, WHILE, dan DO-WHILE) ? 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar