--> Skip to main content

Apa yang dimaksud Artificial Intelegence (AI) Bagaimana AI sangat berguna ?

Artificial Intelegence (AI), kemampuan komputer digital atau robot yang dikendalikan komputer untuk melakukan tugas yang umumnya dikaitkan dengan makhluk cerdas. Istilah ini sering diterapkan pada proyek pengembangan sistem yang diberkahi dengan karakteristik proses intelektual manusia, seperti kemampuan untuk berpikir, menemukan makna, menggeneralisasi, atau belajar dari pengalaman masa lalu.
Sejak pengembangan komputer digital pada tahun 1940-an, telah ditunjukkan bahwa komputer dapat diprogram untuk melakukan tugas yang sangat kompleks. Misalnya, menemukan bukti untuk teorema matematika atau bermain catur dengan kemampuan yang sangat baik. Namun, meskipun ada kemajuan yang berkelanjutan dalam kecepatan pemrosesan komputer dan kapasitas memori, belum ada program yang dapat menandingi fleksibilitas manusia atas domain yang lebih luas atau dalam tugas yang membutuhkan banyak pengetahuan sehari-hari. Di sisi lain, beberapa program telah mencapai tingkat kinerja ahli manusia dan profesional dalam melakukan tugas-tugas spesifik tertentu, sehingga kecerdasan buatan dalam pengertian terbatas ini ditemukan dalam aplikasi yang beragam seperti diagnosis medis, mesin pencari komputer, dan pengenalan suara atau tulisan tangan.
source https://www.t-petra.com/

Pemecahan Masalah (Problem Solving), khususnya dalam kecerdasan buatan, dapat dicirikan sebagai pencarian sistematis melalui serangkaian tindakan yang mungkin untuk mencapai beberapa tujuan atau solusi yang telah ditentukan. Metode pemecahan masalah dibagi menjadi tujuan khusus dan tujuan umum. Metode tujuan khusus dibuat khusus untuk masalah tertentu dan sering mengeksploitasi fitur yang sangat spesifik dari situasi di mana masalah tersebut tertanam. Sebaliknya, metode tujuan umum berlaku untuk berbagai masalah. Salah satu teknik tujuan umum yang digunakan dalam AI adalah analisis mean-end, step-by-step, atau tambahan, pengurangan perbedaan antara kondisi saat ini dan tujuan akhir. Program memilih tindakan dari daftar cara dalam kasus robot sederhana ini mungkin terdiri dari PICKUP, PUTDOWN, MOVEFORWARD, MOVEBACK, MOVELEFT, dan MOVERIGHT hingga tujuan tercapai.

Banyak masalah yang beragam telah dipecahkan oleh program kecerdasan buatan (AI). Beberapa contoh menemukan langkah kemenangan (atau urutan gerakan) dalam permainan catur, menyusun bukti matematis, dan memanipulasi "objek virtual" di dunia yang dihasilkan komputer.

catatan kaki
https://www.britannica.com/technology/artificial-intelligence/Methods-and-goals-in-AI
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar