--> Skip to main content

Cara membuat Font sendiri dengan Handphone

Cara membuat Font sendiri dengan Handphone Gratis

Seringkali kita bosan menggunakan font yang itu-itu saja saat menulis artikel ataupun untuk keperluan mendesain. Mau mendownload font di internet pun tidak bisa sembarangan. karena gak sembarangan font dipergunakan secara bebas. Lah kok bisa ? iya font itu ada licensenya. bahkan bisa dituntut bayar jutaan rupiah jika pakai font secara sembarangan. pernah mendengar website semacam dafont.com ataupun 1001font.com ? siapa nih yang sering download font disini hayoo ngaku ? 2 website tersebut sangat terkenal untuk mendownload berbagai font unik dan menarik. terus apa masalahnya ? kedua website tersebut memang terlihat menyediakan font secara gratis. tapi pernahkah anda berpikir bahwa itu benar-benar gratis ? tentu saja tidak sobat, semua font disana wajib dibayar jika dipergunakan untuk suatu company (company license) seperti menggunakan font untuk membuat pamflet, banner, ataupun postingan instagram. Kita wajib membayar harga font pada authornya. itu bergantung pada authornya berapa harga yang dipasang. But, jangan khawatir sobat, jika hanya digunakan untuk keperluan personal itu gratis kok. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik kita buat font sendiri saja. caranya gampang dan bisa dikreasikan sendiri. yuk simak cara membuat font sendiri ...

Langkah awal untuk membuat font sendiri adalah menginstall aplikasi bernama Fonty bagi pengguna android dan Fonties bagi pengguna ios. 
tampilan aplikasi fonty. berukuran 5,29mb
Setelah aplikasi selesai terunduh. Buka aplikasinya, klik NEW. kemudian akan muncul kolom form yang perlu diisi seperti gambar dibawah
proses pengisian form
Isi title (nama font anda), Author (nama pembuat font), dan informasi kontak website (nama website yang bisa dihubungi) atau diisi asal juga boleh.

Setelah selesai mengisi form. saatnya membuat font kita. caranya cukup menggambar menggunakan jari anda. Kreasikan bentuk font sesuai keinginan anda.
menggambar abjad font
gambar huruf abjadnya sampai selesai. termasuk tanda baca, angka, dan huruf kapitalnya. Jika sudah selesai, cek hasilnya dengan mengeklik tanda panah sebelah kanan atas.

Uji hasil font buatan dengan mengetik teks seperti dibawah.
pengujian font
Pembuatan font pun selesai. bisa diinstal juga di Ms. Office. caranya gampang tinggal simpan file fontnya. kemudian install di laptop kalian.

Cara ini sangat berguna untuk kamu yang malas menulis untuk  tugas laporan/makalah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar