--> Skip to main content

Apakah enaknya menggunakan Linux daripada Windows ?

Keunggulan Sistem Operasi Linux

gambar linux

Beberapa keunggulan dari Sistem Operasi Linux :

1.Belajar untuk tidak manja
Di Indonesia sendiri banyak sekali pengguna sistem operasi windows. Seperti yang kalian tau sangat mudah sekali menggunakannya. Jika ingin membuka suatu file tinggal klik klik beberapa detik saja sudah terbuka. Berbeda ketika membuka di Linux. Kita harus susah payah untuk mengetikkan perintah untuk membukannya. Dan disini sama sekali tidak ada kursor untuk digerakkan. Jadi touchpad/mouse mu tidak akan berfungsi :p. Mau gak mau kalo ingin file nya terbuka kita harus hafal perintah untuk membukanya. mungkin anda berpikir ini adalah sebuah kekurangan. Tapi menurut saya ini adalah kelebihan Linux yang tidak dimiliki sistem operasi manapun. Ingatan kita jadi terlatih Karena terbiasa mengetik. Kita tidak lagi manja seperti saat menggunakan windows. Linux disini yang saya tekankan Linux yang bersifat CLI. yaitu sistem operasi linux yang hanya terdiri dari teks saja. Tidak ada warna-warna indah macam windows.

2.Sistem Keamanan yang tinggi
Jika anda sering kali merasa kesal karena mudah sekali laptop anda terserang virus. Saya yakin anda adalah pengguna windows. Di linux sangat tidak berlaku yang namanya virus.

3. Mendapat ilmu baru
Banyak hal yang bisa kamu explore menggunakan sistem operasi Linux. Bahkan kamu bisa belajar ilmu hacking dari Linux. Keren kan ?

4. Linux Trial
Sebelum kamu menginstal sistem operasi Linux. Kamu bisa mencobanya terlebih dahulu. Caranya mudah cukup buat bootable pada flashdisk, matikan laptop kemudian nyalakan. Jika dirasa kurang pas kamu tidak perlu menginstalnya.

5. Sangat Stabil dan minimalis
Berbeda dengan windows yang gampang not responding. Linux sangat jarang sekali terjadi not responding. Saya pun hanya sekali mengalami not responding pada Linux Karena terlalu banyak membuka task. Tapi tenang saja not responding tidak berlangsung lama.

6. Terlihat Keren
Jika kamu menggunakan Linux, temanmu pengguna windows yang gak tau soal Linux akan terkagum-kagum melihatmu. Apalagi saat kamu mengettikan perintah pada terminalnya. Macam hacker padahal cuma ngecek ip haha. Saya pernah mengalaminya.

Itu saja beberapa yang saya tau soal keunggulan Linux, jika dirasa kurang pas ataupun ada tambahan bisa Kita diskusikan di kolom komentar.

Tulisan diatas sedikit tidak asing hmm. ternyata Itu adalah tulisan saya saat menjawab di quora. Silahkan cek disini Jawaban Yusmita Sr untuk Apa enaknya menggunakan Linux?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar